Ramadhan Kareem

 Ramadhan 2024 

Ramadhan Kareem (1445 Hijriah)


Foto Dokumentasi Bagi Takjil dan Buka Bersama Seangkatan


Ramadhan di tahun 2024 ini bagi saya berbeda dengan ramadhan di tahun sebelumnya. Dimana saya sekarang duduk dibangku mahasiswa yang sebelumnya masih pelajar, banyak merasakan banyak perubahan yang saya alami. Ditengah menjalankan ibadah puasa, saya tetap mnjalankan kewajiban saya sebagai mahasiswa untuk mengikuti kegiatan mata kuliah kelas saya. Dalam kelas, selain teman kita juga menganggap kalau kita itu suatu komunitas atau suatu kelompok, dimana suatu kelompok itu kerap mengadakan kegiatan di bulan ramadhan seperti buka bersama, berbagi takjil, tadarus, dan sebagainya 

Kebetulan dengan adanya tugas membuat blog ini, bisa menjadi suatu dokumentasi saya secara individu, dimana saya menceritakan salah satu kegiatan saya dengan angkatan saya untuk berbagi takjil di orang orang yang berpuasa lainnya. Berbagi takjil ini juga membutuhkan persiapan yang cukup lama dan cukup membuat kami merasa capek karena menyiapkan semua persiapan itu. Tapi dengan kita capek, justru itu membuat suatu kenangan atau suatu pengalaman yang menyerukan bagi saya dan teman seangkatan, dimana kita bisa bergurau meskipun dalam keadaan puasa, bisa tetap kompak saling membantu dalam keadaan berpuasa, dan bisa saling mendukung dan bahu membahu untuk menyelesaikan semua persiapan yang telah kita siapkan 

tak hanya itu, saya dengan teman sekelas juga mengadakn kegiatan buka bersama setelah membagi takjil tersebut. Sama halnya bagi takjil, buka bersama juga membutuhkan persiapan. Tetapi untungnya ada salah satu teman saya yang menyiapkan dirinya untuk membantu menyiapkan nasi bungkusan agar bisa dibuat untuk buka bersama seangkatan, dengan kesiapan teman saya itu, saya dengan teman lainnya sangat bersyukur karena telah sangat terbantu oleh kesiapannya untuk memberikan makanan agar bisa buka bersama. 

Dengan semua cerita ini, momen berbagi takjil dan buka bersama bersama teman seangkatan melahirkan rasa lain selain hanya memberi makanan, yaitu rasa kebahagiaan, rasa kebersyukuran, dan rasa kebersamaan yang kompak antara saya dan teman angkatan saya. Semoga pengalaman saya ini bisa menjadi sebuah inisiatif bagi semua orang khususnya untuk yang ragu ragu dalam berbagi, tidak hanya dalam bulan ramadhan, tetapi juga bulan bulan lainnya. 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Strategi Menumbuhkan Critical Thinking Ability Untuk Menemukan Solusi Terbaik

Pancasila sebagai dasar pembangunan Indonesia Emas

generasi Rahmatan lil alamin Unusa